Rabu, 18 Februari 2009

Digital Alliance 7300GT SONIC


nvidia identik dengan warna hijau. tetapi kartu grafis keluaran digital alliance ini justru berwarna merah. warna yang dipakai oleh pesaingnya, yaitu ATI. tampaknya pihak digital alliance mencoba keluar dari pakem warna tersebut. mungkin untuk mencirikan bahwa kartu grafis ini bukan sembarang kartu grafis kelas lowend.

dilihat dari bentuk fisiknya vga ini juga cenderung lebih kecil dariapada vga lain yg sekelasnya. namun begitu, vga ini memiliki heatsink fan yg cukup besar. hampir menutupi seluruh bagian board yg berwarna merah ini. pemakaian hsf yg besar seperti ini akan berakibat kepada pendinginan yang sangat baik. terlihat juga di bagian atas boardnya terdapat sebuah slot untuk SLI. sehingga bisa ditandemkan dengan kartu sejenis untuk memperoleh performa yg lebih tinggi lagi. pada bagian port display, disediakan 3 buah port standart, yaitu DSub, DVI, dan S-Video.

sebagai senjata utama VGA ini, disediakan memory sebesar 256MB DDR3. ya betul DDR3! berbeda dgn desain referncenya yang hanya menyediakan memory dgn DDR2. hal ini berakibat dengan dapat ditingkatkannya clock core dan clock memory. clock core sebeesar 500MHz, sedangkan clock memory sebesar 500(1000MHz). peningkatan clock yg cukup ekstrem ini dapat dimungkinkan karena disediakan memory dengan DDR3. tentunya dengan memory seperti ini, suhu yang dihasilkan lebih rendah ketimbang berjenis DDR2. itulah mengapa kartu grafis ini diberi label SONIC, yang oleh digital alliance digolongkan ke dalam keluarga VGA overclocked.

dilihat dari sisi performa benchmark dan juga gaming, VGA ini menghasilkan kekuatan yg cukup mengagumkan. sayangnya, saya tidak memiliki dokumentasi mengenai performa standar dari VGA ini. tetapi berdasarkan pengalaman saya, VGA ini dapat menghandle game PES2009 dengan settingan grafic high. untuk game lain seperti NFS:Undercover berhasil menyentuh level medium dengan lancar. tentu untuk game sekelas crysis VGA ini masih kerepotan,tetapi jika anda tetap ingin memainkannya dengan lancar, settingan low graphic sudah cukup enak untuk dimainkan.

untuk urusan overclock, VGA ini memiliki potensi yg sangat baik, meskipun pada dasarnya VGA ini sudah teroverclock. tetapi untuk hasil overclock yg tinggi, sebaiknya komponen2 yg lain juga mendukung. jika tidak, akan mengalami crash/




Tidak ada komentar:

Posting Komentar