Kamis, 19 Februari 2009

Sennheiser HD202


bila kita mendengar kata "Sennheiser" tentunya di dalam pikiran kita akan terbayang sebuah headphone mahal. namun pikiran tersebut perlu direvisi kembali bila melihat produk yang satu ini. sennheiser mengeluarkan sebuah headphone untuk kalangan lowend dengan harga cukup terjangkau. berdasarkan data yg diperoleh dari toko2 yg ada di mangga dua, harga headphone ini berkisar antara 270-300rb (february 2009).

sebelum kita mereview kualitas suaranya ada baiknya kita lihat dulu spesifikasinya.

Jack plug3,5/6,3 mm stereo
Nominal impedance32 Ohm
Weight w/o cableca. 130 g
Transducer principledynamic, closed
Ear couplingsupraaural
Cable length3 m
Frequency response (headphones)18.....18000 Hz
Sound pressure level (SPL)115 dB(SPL)
THD, total harmonic distortion<0,5>

dilihat dari range freq responsnya tampaknya freq yg dihasilkan cukup rendah. untuk suara rendah dapat dihandel hingga 18Hz. berdasarkan uji coba, bass yg dihasilkan tidak terlalu boomy, sedikit renyah, dan tidak terlalu berat. trebel juga cukup jenih. suara yg dihasilkan pun cenderung flat. yg sedikit masalah ada di keluaran suara vokal yg tidak terlalu detil. overall qualitas suara cukup jernih dan enak didengar.

dari segi fisik, headphone ini cukup besar dan tidak dapat dilipat. cukup memakan ruang bila kita bawa bepergian. namun cukup nyaman di kepala, walaupun ada sedikit tekanan di telinga. suara2 yg mengganggu dari luar pun cukup dapat diminimalisasi, dikarenakan headphone ini berjenis closed, menutupi telinga. panjang kabel yg mencapai 3 meter mungkin cukup mengganggu bagi yg senang traveling, tetapi hal ini tidak masalah karena disediakan penggulung kabel. sayangnya, ketika kabel digulung, terjadi sedikit distorsi,mungkin disebabkan masih adanya kekurangan pada isolasi kabel.

bila anda ingin bergaya seperti DJ dengan nama besar Sennheiser, namun dana anda terbatas, headphone ini sangat cocok dijadikan pilihan. kualitas suaranya pun cukup bagus dan dapat diandalkan.

2 komentar: